PANDUAN PENULISAN SOAL SD - MI (PANDUAN PENULISAN SOAL US USBN PAS DAN PAT SD - MI)

Panduan Penulisan Soal SD - MI 

Petunjuk atau Panduan Penulisan Soal SD - MI (Panduan Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD - MI)Sebentar lagi kita akan menghadapi akhir tahun pelajaran. Momen penting yang harus disukseskan adalah pelaksanaan US, sekarang ditambah dengan USBN, dan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Pada ketiga momen tersebut soal-soal ujian yang dibuat guru menjadi penentuan Kredibilitas guru dalam pembuatan soal-soal. Kesalahan sepele dalam pembuatan soal untuk ketiga kegiatan tersebut bisa menjadi sebuah malapetaka.


Menghadapi masa-masa pembuatan soal untuk ketiga momen di atas, pada kesempatan ini saya kembali membagikan Petunjuk (juknis) atau Panduan Penulisan Soal SD - MI (Panduan Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD - MI) dilengkapi dengan Video Tutorial Penulisan Soal HOTS. Panduan Penulisan Soal ini diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) Kemendikbud. Panduan Penulisan SD versi 2017 ini tidak hanya dimaksud sebagai Pedoman atau Panduan dalam penyusunan Soal US dan USBN SD, namun menjadi panduan dalam penyusunan soal  Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Tahun  termasuk di dalamnya US dan USBN) pada jenjang Sekolah Dasar.

Dalam pengantar Panduan Penulisan Soal SD ini dinyatakan penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku Petunjuk (Juknis) atau Panduan Penulisan Soal SD ini merupakan upaya untuk membantu  penulis soal menghasilkan soal yang  berkualitas, termasuk soal yang  mengukur  berpikir tingkat  tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan  ilustrasi  bagaimana  kedua  bentuk  tes  baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.

Di dalam buku Petunjuk (Juknis) dan Panduan Penulisan Soal SD - MI (Panduan Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD - MI) di jelaskan secara detail tentang Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Pilihan Ganda, Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Uraian / Isian, dan Pedoman Penulisan Soal HOTS. Berikut ini Tampilan buku Panduan Penulisan Soal SD - MI (Panduan Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD - MI) yang dapat dijadikan sebagai Panduan/pedoman penulisan soal US dan USBN SD.




Link Download (disini)

Berikut ini Video Tutorial Pembuatan Soal, yang berisi video tutorial pembuatan kisi-kisi Soal, Video tutorial Pembuatan Soal PG, Video Tutorial pembuatan Uraian/Isian dan Video Tutorila Pembuatan Soal HOTS.

Video Tutorial  PenulisanKisi-kisi Soal
Video Penulisan Soal Pilihan Ganda (3)
Video Tutorial  PenulisanSoal Uraian
Video Tutorial  PenulisanSoal Isian
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Tingkat KognitifHOTS
Video Tutorial  Penulisan Soal HOTS – Kareateristik Soal HOTS
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Contoh Soal HOTS

Demikian informasi tentang Panduan Penulisan Soal SD dan Video Tutorial Penulisan Soal SD semoga dapat digunakan sebagai salah satu bahan acuan dalam penyusunan Soal Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, Penialaian Akhir Semester Penilaian Akhir Tahun (US dan USBN).









= Baca Juga =



2 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter