TIPS CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH

Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah

Bingung memilih jurusan kuliah ? ayo baca Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah berikut ini. Sebelum membahas Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah. Ayo kenali dulu jurusan saat kamu belajar di SMA dan cita-cita pekerjaan yang ideal. Setidaknya ada 4 jurusan yang dikembangkan di SMA yakni Jurusan IPA/MIA (Matematika dan Ilmu Alam), Jurusan IPS/IIS (Ilmu-ilmu Sosial), Jurusan IPB (Bahasa) dan Jurusan IAI/IPK (Ilmu Agama Islam)


Bagi kamu-kamu yang sekarang lagi belajar di SMA jurusan (Program) IPA sesungguhnya cita-cita pekerjaan yang ideal untuk kamu-kamu yang jurusan IPA antara lain bisa menjadi dokter, perawat, peniliti di bidang sains, laboran, apoteker, dll. Untuk kamu-kamu yang belajar di  Jurusan IPS/IIS (Ilmu-ilmu Sosial) , cita-cita pekerjaaan yang ideal antara lain  bisa menjadi akuntan, bekerja di perbankan, ahli sejarah, arkeolog, dll. Untuk kamu-kamu yang belajar di SMA jurusan  Jurusan IPB (Bahasa), cita-cita pekerjaan yang ideal untuk diraih adalah bisa ahli bahasa, menjadi translater, guide, dll. Untuk kamu-kamu yang di SMA sedang belajat  Jurusan IAI/IPK (Ilmu Agama Islam), cita-cita pekerjaan yang ideal bisa menjadi menjadi ustad atau ustazah, guru agama, dll.

Tapi harus diingat juga jurusan di SMA sesungguhnya belum mencerminkan profesi, karena buka pendidikan profesi. Melainkan baru pada tahap mengarahkan minat kamu. Bukan tidak mungkin ada diantara kamu yang salah memilih jurusan di SMA, karena ada yang merasa terpaksa karena orang tua, ada yang ikutan-ikutan pacar, dsb. Tentunya kamu-kamu bisa berbelok arah pada saat pemilihan jurusan kuliah dengan memilih jurusan yang kamu senangi dan kamu minati. Yang perlu diingat justru pemilihan jurusan kuliah akan berpengaruh pada pencapaian cita-cita kamu. Jika kuliah sesuai dengan minat kamu selain terbuka kemungkinan meraih profesi yang diidam-idamkan, setidaknya kamu akan mampu menerapkan secara mandiri pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana memilih jurusan di Perguruan Tinggi? Ayo kita baca Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah. Bisa jadi tips ini dapat membantu kamu-kamu yang sedang bingung dalam memilih jurusan kuliah. Emang bisanya banyak tuh orang IPS yang bingung pilih jurusan kuliah IPS, eh ternyata yang jurusan IPA juga banyak bingung cari jurusan kuliah yang menjamin masa depan. Memang mestinya kamu-kamu harus ikut tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah atau setidaknya baca juga tuh referensi tips cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi/bakat. Berikut beberapa Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah

Pertama, Kenali Minat dan Bakat kamu!

Minat dan bakat sebenarnya adalah dua hal yang berbeda, namun keduanya memiliki keterkaitan. Minat diartikan sebagai ketertarikan seseorang terhadap sesuatu, yang dipengaruhi oleh situasi. Sedangkan bakat adalah kemampuan seseorang yang cenderung menetap dari waktu ke waktu.

Minat itu ibarat biji yang akan tumbuh menjadi sebuah pohon besar. Pohon yang besar tersebut adalah bakat. Seseorang bisa saja memiliki banyak bakat atau multi talenta atau bahkan hanya memiliki bakat tertentu saja yang menonjol dari diri kawan-kawan. Jadi, cari tahu apa yang menjadi minat kamu dan lihat di jurusan mana yang cocok buat mengembangkan minat kamu itu. Misalnya, kalau kamu punya minat di eksak dan jago di hitungan, maka pilihlah IPA. Jika kamu punya minat pada game dan terobsesi untuk menjadi gamer yang hebat pilih programmer game, animasi dan lainnya. Begitu pula jika kamu punya minat di hal-hal yang berbau sosial, seperti ekonomi dan politik, dan kamu juga hebat dalam berdebat, berorasi atau berbahasa, atau kamu kurang minat dalam menghitung dan menghapal rumus-rumus  maka jurusan IPS adalah jurusan yang lebih tepat sesuai minat kamu.


Baca Soal Latihan UN (UNBK) dan Ujian Sekolah SMA (disini)


Kedua,  kenali Rencana Karir di Masa Depan

Apa rencana karir di masa depan. Jadi jika kamu ingin mengetahui rencana karir di masa depan maka kamu harus bisa membayangkan diri di masa mendatang, 5 sampai 10 tahun ke depan. Jika masih bingung membuat rencana karir di masa depan, coba ikuti cara berikut ini: 1) Tanyakan kepada diri apa yang Anda inginkan di masa mendatang. 2) Bayangkan akan menjadi apa diri Anda beberapa tahun ke depan. 3) Jika masih susah membayangkan sampai 5 tahun atau 10 tahun, mulailah dengan membuat rencana karir 2 sampai 3 tahun.

Rencana Kuliah akan sangat berhubungan dengan pilihan karir kamu di masa depan. Jadi, sebelum membuat rencana kuliah, kamu harus punya rencana pengembangan karir impian kamu di masa depan. Misalnya, kamu bercita-cita untuk menjadi seorang dokter, maka untuk mewujudkan itu kamu harus masuk jurusan Ilmu Kedokteran di Perguruan Tinggi.


Ketiga, diskusikan dengan Orang Tua
Sangat penting bagi kamu untuk mendiskusikannya dengan orang tua atau keluarga, Karena mereka juga punya pendapat tentang apa yang terbaik untuk anaknya. Diskusikan dengan orang tua kamu dengan baik-baik tentang pemilihan jurusan dan minta pendapatnya. Moga-moga jurusan yang kami pilih sama dengan apa yang dikehendaki orang tua.

Jika pendapat orang tua tidak sesuai dengan minat kamu, sesunngguhnya pilihan ada pada diri kamu sendiri.  Ketika jurusan yang akan kita ambil bertentangan dengan keinginan orang tua, yakinkan mereka bahwa kita memiliki motivasi yang kuat dan akan bertanggung jawab atas jurusan yang kita pilih, dan akan berusaha sungguh-sungguh menyelesaikannya. Jangan lupa diskusikan apa yang menjadi cita-citamu di masa depan. Niscaya, orang tuamu akan mendukung sepenuhnya apapun yang menjadi keputusanmu. Yakinlah itu adalah jurusan yang kamu ambil sesuai dengan apa yang kamu sukai, jangan sampai terpaksa, karena ketika kamu terpaksa menjalankannya, pelajaran semudah apapun, akan menjadi sukar kamu lewati ketika menjalani masa kuliah. Banyak-banyak melakukan riset mengenai jurusan yang akan kamu pilih, seperti apa saja yang akan dipelajari, peluang mencari pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan setelah lulus, hal ini akan semakin meyakinkan dirimu untuk benar-benar memilih jurusan tersebut.

Baca Soal Latihan UN (UNBK) dan Ujian Sekolah SMK (disini)

Demikian info tentang Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah. Tips singkat yang hanya berisi 3 point dirasa cukup karena terlalu banyak bisa bikin kamu-kamu tambah bingun pilih jurusan kuliah. Moga-moga bermanfaat. 







= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter