KUMPULAN KD (KOMPETENSI DASAR) SMP EDISI 2017 KELAS 7 SEMESTER 1 (FORMAT DOC) UNTUK PENGISIAN E RAPOR |
KD (Komptenesi Dasar) SMP Edisi 2017 Semester 1 (Format Doc) Untuk
Pengisian E RAPOR
KD Pendidikan Agama
Islam SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11,
Q.S. ar-Rahmān /55:33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
|
3.2
|
memahami Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang
ikhlas, sabar, dan pemaaf
|
3.3
|
memahami makna al-Asma‘u al-Husna:
al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir
|
3.4
|
memahami makna iman kepada malaikat
berdasarkan dalil naqli
|
3.5
|
memahami makna perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah.
|
3.6
|
memahami makna hormat dan patuh
kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama
|
3.7
|
memahami ketentuan bersuci dari
hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam
|
KD Keterampilan
4.1
|
Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11,
Q.S. ar-Rahmān /55:33 dengan tartil
|
4.2
|
membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134
|
4.3
|
menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani al- Asma‘u al-Husna: al-Alim, alKhabir,
as-Sami, dan al-Bashir
|
4.4
|
menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt.
|
4.5
|
menyajikan makna perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah.
|
4.6
|
menyajikan makna hormat dan patuh
kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama
|
4.7
|
menyajikan cara bersuci dari hadas
besar
|
KD PPKn SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
Menganalisis
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
|
3.2
|
Memahami
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan
keadilan
|
3.3
|
Menganalisis
kesejarahan perumusan dan pengesahan undang-undang dasar negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
KD Keterampilan
4.1
|
Menyaji
hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
|
4.2
|
Mengampanyekan
perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan
|
4.3
|
Menjelaskan
proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
KD Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
Mengidentifikasi informasi dalam
teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan
atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
3.2
|
Menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
3.3
|
Mengidentifikasi unsur-unsur teks
narasi (cerita fantasi) yang dibaca
dan didengar
|
3.4
|
Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
3.5
|
Mengidentifikasi teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
3.6
|
Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat
(cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas
daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
3.7
|
Mengidentifikasi informasi dari
teks laporan hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
3.8
|
Menelaah struktur, kebahasaan, dan
isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca
atau diperdengarkan
|
Keterampilan
4.1
|
Menentukan isi teks deskripsi objek
(tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang
didengar dan dibaca
|
4.2
|
Menyajikan data, gagasan, kesan
dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
|
4.3
|
Menceritakan kembali isi teks
narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca
|
4.4
|
Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur
dan penggunaan bahasa
|
4.5
|
Menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik /
tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar
|
4.6
|
Menyajikan data rangkaian kegiatan
ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah,
tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
|
4.7
|
Menyimpulkan isi teks laporan hasil
observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
|
4.8
|
Menyajikan rangkuman teks laporan
hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
KD Matematika SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
menjelaskan dan menentukan urutan
pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran,
desimal, persen)
|
3.2
|
menjelaskan dan melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
3.3
|
menjelaskan dan menentukan
representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
3.4
|
menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan
operasi biner pada himpunan menggunakan
masalah kontekstual |
3.5
|
menjelaskan bentuk aljabar dan
melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian)
|
3.6
|
menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
|
KD Keterampilan
4.1
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran,
desimal, persen)
|
4.2
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
4.3
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
4.4
|
menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan dan
operasi biner pada himpunan |
4.5
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
4.6
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
KD IPA SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku)
|
3.2
|
Mengklasifikas ikan makhluk hidup
dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
3.3
|
Menjelaskankonsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan seharihari
|
3.4
|
Menganalisis konsep suhu, pemuaian,
kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan |
3.5
|
Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
seharihari termasuk fotosintesis
|
3.6
|
Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun
sel
|
KD Keterampilan
4.1
|
Menyajikan data hasil pengukuran
dengan alat ukur
yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan bendabenda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku |
4.2
|
Menyajikan hasil pengklasifikasian
makhluk hidup
dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati |
4.3
|
Menyajikan hasil penyelidikan atau
karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau
pemisahan campuran
|
4.4
|
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan
kalor
|
4.5
|
Menyajikan hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
4.6
|
Membuat model struktur sel
tumbuhan/hewan
|
KD IPS SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan
interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
|
3.2
|
menganalisis interaksi sosial dalam
ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam
nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya
|
KD Keterampilan
4.1
|
menyajikan hasil telaah konsep
ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora
dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan |
4.2
|
menyajikan hasil analisis tentang
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
|
KD Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih,
dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.2
|
mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan
unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun
(subjective, objective, possessive)
|
3.3
|
mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait
angka kardinal dan ordinal)
|
3.4
|
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
seharihari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
|
KD Keterampilan
4.1
|
menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.2
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.3
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.4
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa seharihari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
KD Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami unsur, prinsip, teknik dan
prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
|
3.2
|
memahami prinsip dan prosedur
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
3.3
|
memahami prosedur penerapan ragam
hias pada bahan buatan
|
3.4
|
memahami prosedur penerapan ragam
hias pada bahan alam
|
KD Keterampilan
4.1
|
menggambar flora, fauna, dan alam
benda
|
4.2
|
menggambar gubahan flora, fauna,
dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
4.3
|
membuat karya dengan berbagai motif
ragam hias pada bahan buatan
|
4.4
|
membuat karya dengan berbagai motif
ragam hias pada bahan alam
|
KD Penjasorkes SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
Memahami gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.*) |
3.2
|
Memahami gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional.*) |
3.3
|
Memahami gerak spesifik
jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.*) |
3.4
|
Memahami gerak spesifik seni beladiri.
**)
|
3.5
|
Memahami konsep latihan
peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya |
KD Keterampilan
4.1
|
Mempraktikkan gerak spesifik dalam
berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.*) |
4.2
|
Mempraktikkan gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional.*) |
4.3
|
Mempraktikkan gerak spesifik jalan,
lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau
tradisional.*)
|
4.4
|
Mempraktikkan gerak spesifik seni
beladiri.**)
|
4.5
|
Mempraktikkan latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmani yang terkait
dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan
pengukuran hasilnya
|
KD Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami pengetahuan tentang jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil
|
3.2
|
memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan,
pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif |
3.3
|
memahami pengetahuan tentang jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan
kertas dan plastik lembaran
|
3.4
|
memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan
kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif
|
KD Keterampilan
4.1
|
memilih jenis bahan dan teknik
pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya
rumput / ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan
lain-lain)
|
4.2
|
merancang, membuat, dan menyajikan
produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai
dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput/ilalang, kapas, bulu domba,
kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
|
4.3
|
memilih jenis bahan dan teknik
pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah
setempat
|
4.4
|
merancang, membuat, dan menyajikan
produk kerajinan
dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat |
No comments
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem