CARA PENGISIAN MENU JADWAL PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 (DAPODIKDASMEN VERSI 2018)

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Sabtu, 05 Agustus 2017

Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) 
Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) terdapat fitur baru, yaitu menu pengisian jadwal. Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada beberapa menu lain diantaranya adalah data periodik sekolah, data prasarana, data rombongan belajar dan data pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari keempat menu yang tergambarkan pada alur di atas.


Sebelum mengisi jadwal, akan ada cek validasi waktu penyelenggaraan sekolah yang harus operator lengkapi pada data rinci sekolah. Untuk pengisian prasarana digunakan ketika memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, pada pengisian rombongan belajar digunakan untuk memetakan prasarana rombel dalam menjalani proses belajar mengajar, pengisian pembelajaran digunakan untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan di masing-masing rombongan belajar.

Aplikasi Dapodik versi 2018 memiliki hubungan erat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga diharapkan operator sekolah dapat memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar.

A. Pengisian Menu Jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018)


CARA PENGISIAN MENU JADWAL PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 (DAPODIKDASMEN VERSI 2017)

Sebelum operator sekolah menggunakan fitur jadwal dan mengisi data di dalamnya, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Mengisi Data Periodik Sekolah
Sebelum mengakses fitur menu Jadwal, operator sekolah harus melengkapi data periodik sekolah. Apabila data periodik sekolah belum terisi, maka ketika mengakses menu jadwal akan muncul peringatan.

Untuk melengkapi data periodik sekolah, silakan menuju ke formulir data rinci sekolah pada menu Sekolah. Kemudian Lengkapi semua kolom yang tertera pada formulir data periodic sekolah. Maka nantinya menu jadwal akan dapat terakses.

2) Persiapan Data Prasarana
Pada Aplikasi Dapodik versi 2018, untuk pengisian prasarana ruang kelas harus diperhatikan dengan seksama, untuk setiap rombongan belajar harus memiliki prasarananya. Pengisian pada menu Jadwal tidak memperbolehkan satu prasarana digunakan lebih dari satu rombel apabila rombel tersebut menggunakan satu prasarana di waktu yang sama.

Periksa kembali pengisian prasarana ruang kelas, klik pada menu “Sarpras”, kemudian periksa kembali prasarana ruang kelas yang dijadikan pembelajaran di sekolah.

Catatan khusus :
Untuk sekolah yang melakukan sistem pembelajaran double shift, sehingga menggunakan satu prasarana yang digunakan oleh dua rombongan belajar, maka ada perlakuan khusu nantinya dalam pengisian jadwal di aplikasi dapodik. Sebagai contoh rombongan belajar kelas 7a dan 8a menggunakan prasarana ruang kelas dengan nama “kelas 7A/8A”. Maka pada menu Jadwal, pengisian untuk rombongan belajar 8a pada jadwal di prasarana “kelas 7A/8A” dimulai dengan pengisian dari pembelajaran ke-10 dan seterusnya.

3) Persiapan Data Rombongan Belajar
Setelah data prasarana yang menjalani aktifitas pembelajaran sudah terisi dan diperiksa, maka selanjutnya adalah memeriksa data rombongan belajar setiap tingkatan nya

Untuk mempersiapkan data rombongan belajar silakan klik pada menu Rombongan Belajar kemudian silakan isi dan periksa data rombongan belajar untuk semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 kemudian sesuaikan letak prasaranya dengan prasarana yang sudah ditambahkan
sebelumnya.

4) Persiapan Data Pembelajaran
Data Pembelajaran dapat dipersiapkan setelah kedua tahapan sebelumnya yaitu persiapan data prasarana dan rombongan belajar sudah dilakukan.
Untuk mempersiapkan pembelajaran masing-masing rombongan belajar, klik pada salah satu rombongan belajar, kemudian klik tombol “Pembelajaran”.

Sistem akan menampilkan data mata pelajaran yang sesuai dari setiap kurikulum yang dipilih pada pengisian rombongan belajar sebelumnya. Apabila tidak keluar mata pelajaran setelah memilih rombongan belajar, maka bisa dipastikan ada kesalahan pengisian ketika memilih kurikulum.

Lengkapi data pembelajaran di setiap rombongan belajar dengan mengisi data PTK yang mengajar disertai dengan SK Mengajar , tanggal Sk dan jjm yang seusuai dengan kurikulum pada setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.

Data PTK yang mengajar disertai mata pelajaran dengan jumlah jam perminggunya dalam Pembelajaran, akan berdampak sangat besar terhadap isian pada menu Jadwal. Mata Pelajaran memiliki jumlah jam maksimum perminggu dalam setiap pembelajaran rombongan belajar, sehingga Pembelajaran pada masingmasing rombongan belajar berlaku perhitungannya dari senin-minggu atau sesuai dengan hari pelaksana pembelajaran di sekolah.

5) Pengisian Menu Jadwal
Operator sekolah harus memahami bahwasanya untuk jadwal Upacara dan Istirahat di sekolah tidak diinputkan dalam menu pengisian jadwal. Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

Apabila ketika mengakses menu Jadwal dan muncul keterangan seperti
yang tampil pada gambar di bawah berikut, maka dapat dipastikan
bahwa pengisian data periodik sekolah belum selesai. Silakan kembali ke menu sekolah dan mengisinya pada data rinci sekolah.

Apabila sudah berhasil dalam mengakses menu jadwal, hal berikutnya pada menu jadwal yang harus dipahami oleh setiap operator sekolah adalah sebagai berikut:

a) Cek Waktu Penyelenggaraan
Ketika masuk ke dalam menu jadwal, klik tombol “cek waktu penyelenggaraan”, nantinya tombol ini berfungsi untuk melakukan validasi terhadap isian data periodik sekolah pada bagian waktu penyelenggaraan sekolah.

Setelah mgklik tombol tersebut, maka apabila validasinya terhadap waktu penyelenggaraan maka akan tampil datanya dan dapat melanjutkan ke pilih prasarana.

b) Pilih Prasarana
Prasarana yang tampil disini adalah prasarana yang sudah diinputkan pada menu Sarpras, dan setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

c) Jadwal Hari
Terdapat tujuh hari dimulai daari senin-minggu untuk sekolah yang melaksakan program kegiatan belajar mengajar. Nantinya setiap hari dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya.

Sehingga, sebelum pengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan belajar telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.

Pada tampilan menu jadwal, pada bagian atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisikan data penjadwalan mata pelajarannya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisikan datanya kemudian pilih jadwal hari. Lalu, klik tambah. Akan muncul beberpa kolom dengan beberapa keterangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Pembelajaran
Data mata pelajaran yang terdapat pada salah satu rombongan belajar
yang menggunakan prasarana yang sudah terpilih.

- Alokasi Jam
Ketersediaan jumlah jam tatap muka.

- Dimulai jam ke
Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Setelah memilih mata pelajarannya, masukkan alokasi jam, dan isi kolom dimulai jam ke. Untuk alokasi jam diambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan belajar dan untuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.

Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan belajar yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah 2 jam. Sebagai gambaran, bahwa pengisian alokasi jam disini adalah jumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapat dibagi menjadi beberapa
jam di hari yang berbeda.

Sebagai contoh, jika dalam tabel pembelajaran di kelas 9A mata pelajaran PKn diisi sebanyak 2 jam selama satu minggu dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini bisa dibagi menjadi 2 hari (Senin dan Selasa) dengan masing-masing 1 jam alokasi.

Penjelasan rincian pemecahannya adalah sebagai berikut:

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari senin sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 1, dengan contoh sebagai berikkut,

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari selasa  ebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 6, dengan contoh sebagai berikkut,

Masukan semua data pembelajaran ke dalam jadwal sesuai dengan alokasi di setiap masing-masing sekolah, sehingga setiap data pembelajaran pada masing-masing rombongan belajar dapat terjabarkan dalam sebuah format penjadwalan kegiatan belajar mengajar di sekolah.


B. PENGISIAN MATA PELAJARAN BK DAN TIK (KUR 2013)
Ada catatan khusus untuk mata pelajaran BK dan TIK yang mesti operator sekolah perhatikan, yaitu :

- Untuk mata pelajaran Bimbingan Konseling pada semua jenis kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran dengan 0 jam.

- Untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran sebanyak 0 jam.

Hal ini dikarenakan untuk kedua mata pelajaran tersebut tidak masuk ke dalam menu jadwal, apabila terisi jjm nya maka nantinya masuk ke validasi aplikasi dapodik.

C. PENGISIAN MATA PELAJARAN AGAMA
Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat mata pelajaran Agama lebih dari satu, maka silakan isikan jjm untuk mata pelajaran agama yang mayoritas dalam kelas tersebut sebanyak 2 jam dan untuk mata pelajaran yang minoritas sebanyak 0 jam.

Sebagai contoh misalkan dalam satu rombongan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mayoritas bagi peserta didik di kelas tersebut maka
- Isikan jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
- Isikan jam Pendidikan Agama lain sebanyak 0 jam

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan adalah mata pelajaran untuk pendidikan agama mayoritas di kelas tersebut.




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 00.17.00

2 komentar:

  1. Tanya bang. Kalau kls 7 hari sabtu tidak ada pengembangan diri karena menggunakan K13 = 7 jampel. sementara kls 8&9 menggunakan KTSP, tatap muka mulai jam kedua karena ada pengembangan diri 1 jampel.Bagaimana agar jadwal tidak tampak tabrakan di jadwal dapodik?. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. tanya juga bang, cara pengisian BK untuk KTSP bagaimna? karna guru bk kami masuk ke kelas

    BalasHapus

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

CB