PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH PENILAIAN PORTOFOLIO

Pengertian Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta  didik  yang  berupa  kumpulan  tugas,  karya,  prestasi  akademik/non  akademik,  yang dikerjakan/dihasilkan peserta  didik. Contoh  karangan,  puisi, surat,  lukisan, laporan  penelitian, laporan kerja kelompok, sertifikat atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh peserta didik.  Kumpulan  ini  menggambarkan  minat,  perkembangan,  prestasi  dan  kreativitas  peserta didik pada satu periode tertentu.


Portofolio  penilaian  bukan sekadar  kumpulan  hasil  kerja  siswa,  melainkan  kumpulan  hasil kerja  siswa  dari  kegiatan  yang  sengaja  diperbuat  siswa  untuk  menunjukkan  bukti  tentang kompetensi,  pemahaman,  dan  capaian  siswa  terhadap  kompetensi  dalam  mata  pelajaran tertentu.    Portofolio  juga  merupakan  kumpulan  informasi  yang  perlu  diketahui  oleh  guru sebagai  bahan  pertimbangan  dalam  menentukan  langkah-langkah  perbaikan  pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.

Portofolio  peserta  didik  untuk  penilaian  merupakan  kumpulan  produk  siswa,  yang  berisi berbagai jenis karya seorang siswa, misalnya:
1)  Hasil  proyek, penyelidikan,  atau  praktik  siswa,  yang  disajikan  secara  tertulis  atau dengan penjelasan tertulis.
2)  Gambar  atau  laporan  hasil  pengamatan  siswa,  dalam  rangka  melaksanakan  tugas  untuk mata pelajaran yang bersangkutan.
3)  Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
4)  Deskripsi  dan  diagram  pemecahan  suatu  masalah,  dalam  mata  pelajaran  yang bersangkutan
5)  Laporan hasil penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau antarmata-pelajaran.
6)  Penyelesaian soal-soal terbuka.
7)  Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan di sekolah, atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan teman-teman sekelasnya.
8)  Laporan kerja kelompok.
9)  Hasil kerja siswa yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer.
10)  Fotokopi  surat  piagam atau  tAnda  penghargaan  yang  pernah diterima  oleh  siswa  yang bersangkutan.
11)  Hasil  karya  dalam  mata  pelajaran  yang  bersangkutan,  yang  tidak ditugaskan  oleh  guru (atas pilihan siswa sendiri, tetapi relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan).
12)  Cerita  tentang  kesenangan  atau  ketidaksenangan  siswa terhadap  mata  pelajaran  yang bersangkutan.
13) Cerita  tentang  usaha  siswa  sendiri  dalam  mengatasi hambatan  psikologis,  atau  usaha peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.

Langkah-langkah Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 
1)  Jelaskan kepada peserta didik maksud penugasan portofolio.
2)  Jelaskan sampel-sampel portofolio yang dapat digunakan. 
3)  Peserta didik diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio. 
4)  Cantumkan tanggal pembuatan pada setiap evidence (bukti-bukti hasil belajar) 
5)  Tentukan kriteria penilaian sampel-sampel portofolio. 
6)  Lakukan perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria. 

Contoh format Penilaian Portofolio    


Catatan:
Setiap karya siswa sesuai Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar yang masuk dalam daftar portofolio  dikumpulkan  dalam  satu  file  (tempat)  untuk  setiap  peserta  didik  sebagai  bukti pekerjaannya. Skor untuk setiap kriteria menggunakan skala penilaian 0 - 10 atau 0 - 100. Semakin baik hasil yang terlihat dari tulisan peserta didik, semakin tinggi skor yang diberikan. Kolom keterangan diisi dengan catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan tulisan yang dinilai.



= Baca Juga =



7 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter