Dapodik
CARA MEMASTIKAN DATA DI APLIKASI DAPODIKDASMEN TERKIRIM DENGAN BAIK KE SERVER DAPODIKDASMEN
Banyak kasus bahwa sekolah
telah berhasil melakukan sikronisasi dapodik atau dapodikdasmen, namun hasilnya
tidak berubah sesuai dengan data yang telah diinput oleh sekolah. Peristiwa ini
bisa terjadi karena beberapa sebab seperti kondisi sinyal yang tidak stabil,
jenis modem dan jaringan seluler yang digunakan dan lainnya. Hasil pemeriksaan
saya terhadap beberapa sekolah, khusus bagi sekolah yang menggunakan modem. Ternyata
terdapat jaringan seluler tertentu yang dapat digunakan (bahkan tergolong
cepat) untuk membuka situs atau website tertentu tetapi tidak bisa mamksimal
dalam mengakses website berdomain kemdikbud.go.id
Yth. Para kepala Sekolah dan
Operator Sekolah, untuk memastikan apakah saat sinkronisasi dapodik atau
dapodikdasmen, data yang dikirim
telah sesuai dengan data yang telah diinput, para Kepala Sekolah atau Operator
sekolah (OPS) harus melakukan cek
progress pengiriman pada web Dapodikdasmen atau melalui alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.
Dengan melakukan Cek Progres Data, kita
dapat melihat dan membandingkan antara data-data yang telah dientrykan oleh
operator sekolah yang telah berhasil dikirimkan (disinkronisasikan) via
aplikasi Dapodikdasmen dari operator sekolah dengan data-data yang sudah masuk
ke server Dapodik pusat.
Sekali lagi kegiatan ini
penting dilakukan, agar kita dapat melihat data mana yang belum masuk ke dalam
server pusat karena kemungkinan masih ada data-data yang belum terkirim atau
bahkan gagal dalam melakukan sinkronisasi, sehingga harus dilakukan sinkronisasi
melalui aplikasi Dapodikdasdasmen kembali.
Untuk mengecek progress
pengiriman setiap sekolah / per sekolah, caranya adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi
laman progress Dapodikdasmen atau melalui alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.
Laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. |
2. Pilih Progeres Data
3. Pilih provinsi ==>
kabupaten/kota ==> kecamatan ==> nama sekolah.
4. Apabila sudah ditemukan Pilih nama Sekolah
5. Selesai.(Silahkan
perhatikan tanggal sinkron di bawah nama sekolah dan kolom validasi data yang
berada pada tombol paling bawah)
Melalui laman ini, Anda
dapat memastikan Data Jumlah Siswa yang akan berimplikasi pada pembayaran Dana
BOS.
Laman Hasil Cek Progres Data atau Progress Pengiriman |
Selanjutnya untuk lebih
memastikan kualitas data yang dikirim silahkan Pilih Login, kemudian Pilih Operator Sekolah. Tombol Login berada di ujung kanan paling atas pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.
Setelah memilih Operator Sekolah masukan username dan password yang digunakan
pada pengisian aplikasi dapodikdasmen atau menggunakan kode registrasi sekolah.
Apabila Anda berhasil Login, Pilih Sinkronisasi selanjutnya perhatikan waktu
mulai dan waktu selesai, apabila tertulis null berarti Siknronisasi Gagal.
Selain mengecek Sikronisasi dalam laman ini Anda dapat mengecek dan mendowload
Data Sekolah, Sarana dan Prasarana, PTK Aktif, Rombongan Belajar dan Siswa Aktif.
Selain itu melalui laman ini Anda dapat memindahkan (Mutasi) siswa atau guru
dari satu sekolah ke sekolah lainnya
Laman Cek Progres pengiriman dan Cek Data Dapodikdasmen |
Khusus untuk mengecek Validitas
data guru terutama untuk memastikan data guru penerima tunjangan profesi guru
atau data lainnya. Silahkan Bapak/Ibu guru
lakukan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK.
Kewajiban melakukan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK merupakan kewajiban setiap guru atau PTK. Laporkan kepada kepala sekolah dan operator sekolah apabila Anda merasa atau melihat perbedaan data antara data riil dengan hasil cek info PTK.
Kewajiban melakukan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK merupakan kewajiban setiap guru atau PTK. Laporkan kepada kepala sekolah dan operator sekolah apabila Anda merasa atau melihat perbedaan data antara data riil dengan hasil cek info PTK.
Demikian cara cek hasil
pengiriman data / sinkronisasi pada aplikasi Dapodik atau Dapodikdasmen yang
terbaru saat ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Masukkan komentar Anda...saya ridak bisa membuka info gtk di sim pkb dan operator tidak tahu jawabannya
ReplyDeletelalu apa penyebabnya
kenapa data sekola kami berbeda dengan data yg ada di dinas?
ReplyDeleteapa penebabnya?makasi
Terakhir sinkron tgl 12 Oktober.. Pdhal tgl 16 Oktober 2019 saya sinkron.. Knpa itu ya?? Apa ada keterlambatan dri serverx untuk sinkron.. Atw dapodik saya yg bermasalah..??
ReplyDelete