APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2018 (DAPODIKDASMEN 2018) UNTUK SD SMP SMA SMK RESMI DIRILIS 4 AGUSTUS 2017

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Rabu, 02 Agustus 2017

APLIKASI DAPODIKDASMEN 2018 (DAPODIKDASMEN VERSI 2018)

Aplikasi Dapodik atau Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) atau Dapodikdasmen untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 resmi dirilis pada tanggal 4 Agustus 2017. Melalui rilis yang disampaikan di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.  yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Provinsi, Kepala Dinas Kabupaten / Kota Kepala LPMP, Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di seluruh Indonesia.


Berikut ini kutipan tentang info rilis Aplikasi Aplikasi Dapodik atau  Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) atau Dapodikdasmen untuk Tahun Pelajaran 2017/2018

Puji syukur Alhamdulillah, Tim Dapodikdasmen telah menyelesaikan proses pengujian aplikasi Dapodikdasemen versi baru untuk digunakan pada Tahun Ajaran 2017/2018 sesuai dengan jadwal. Maka pada kesempatan ini telah dirilis Aplikasi Dapodik atau Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) atau Dapodikdasmen untuk Tahun Pelajaran 2017/2018, sekaligus mengoreksi pengumuman sebelumnya yang menyebutkan versi 2017 D).

Pada Aplikasi Dapodik 2018 atau Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 telah menggunakan database versi baru, maka secara teknis Aplikasi Dapodik / Dapodikdasmen versi sebelumnya (2017, 2017a, 2017b, 2017c) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen / Dapodik versi 2018, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).

Untuk struktur kurikulum SMK 2013 masih akan dilakukan pembaharuan.

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018):
1. [Pembaruan] Penambahan menu Jadwal pembelajaran.
2. [Pembaruan] Penambahan kolom anak ke-berapa pada Peserta Didik.
3. [Pembaruan] Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori.
4. [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan prasarana.
5. [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan sarana.
6. [Pembaruan] Penambahan tombol pada prasarana untuk pemetaan dengan blockgrant.
7. [Pembaruan] Penambahan tombol pada sarana untuk pemetaan dengan blockgrant.
8. [Pembaruan] Penambahan sheet baru untuk rekap jadwal pada unduhan profil sekolah.
9. [Pembaruan] Penambahan referensi Pengurus Komite Sekolah pada jenis satuan tugas di Kepanitiaan Sekolah.
10. [Pembaruan] Penambahan referensi Kepala Sekolah menjadi tugas utama.
11. [Pembaruan] Penambahan referensi UKG untuk data rincian Nilai/Test pada PTK.
12. [Pembaruan] Penambahan referensi jenis rombel Ekstrakurikuler pada menu Rombongan Belajar .
13. [Pembaruan] Penambahan tabulasi rincian Ekstrakurikuler pada menu Sekolah.
14. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada menu Peserta Didik, jika yatim dan atau piatu maka baris data akan berwarna. 
15. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada halaman registrasi dan login.
16. [Pembaruan] Pemisahan menu antara rombongan belajar reguler dan ekstrakurikuler.
17. [Pembaruan] Penambahan pemicu untuk mengaktifkan kolom nama peserta didik pada saat terdeteksi nama tidak wajar ketika melakukan validasi.
18. [Pembaruan] Penambahan validasi jika terdeteksi guru yang mengajar ganda pada jadwal.
19. [Pembaruan] Penambahan validasi ketika masih ada pembelajaran yang belum dipetakan ke dalam jadwal.
20. [Pembaruan] Penambahan validasi panjang dan lebar pada prasarana.
21. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk jumlah sarana.
22. [Pembaruan] Penambahan validasi peserta didik yang belum mempunyai NISN.
23. [Pembaruan] Penambahan dan perbaikan panduan, peraturan dan formulir pada Pusat Unduhan.
24. [Pembaruan] Perubahan deskripsi waktu penyelenggaraan sekolah.
25. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika akan sinkronisasi.
26. [Perbaikan] Perbaikan tanda baca ,(koma) dapat menjadi kata pada nama Peserta Didik dan GTK.
27. [Perbaikan] Perbaikan urutan label Jenis PTK pada form PTK.
28. [Pembaruan] Pengisian data pada no rekening bagi peserta didik pemegang KIP oleh pusat.
29. [Pembaruan] Pengisian data validasi yang ditemukan di pusat.

Untuk itu kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk segera melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) dan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018.

Demikian informasi terkait Aplikasi Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) atau Dapodikdasmen untuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Link Dwonload Aplikasi Aplikasi Dapodik / Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) 

Link Dwonload Aplikasi Aplikasi Dapodikdasmen 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) 

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2018
Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018


Link Alternatif Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018 (via Google Drive) Klik Disini


File pendukung
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Tentang Pemutakhiran DAPODIKTahun Ajaran 2017/2018
Video Grafis Dapodikdasmen
Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018


Link Alternatif Download Panduan Dapodikdasmen Versi 2018 (via Google Drive) Klik Disini

Formulir Pendataan Dapodik (f-sekf-PDf-GTKf-sarprasf-rombel-1f-rombel-2f-rombel-3f-rombel-4f-rombel-5f-rombel-6f-jadwal pelajaran)

========================================================


CARA PENGISIAN MENU JADWAL PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 (DAPODIKDASMEN VERSI 2018)

Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) 
Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) terdapat fitur baru, yaitu menu pengisian jadwal. Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada beberapa menu lain diantaranya adalah data periodik sekolah, data prasarana, data rombongan belajar dan data pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari keempat menu yang tergambarkan pada alur di atas.


Sebelum mengisi jadwal, akan ada cek validasi waktu penyelenggaraan sekolah yang harus operator lengkapi pada data rinci sekolah. Untuk pengisian prasarana digunakan ketika memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, pada pengisian rombongan belajar digunakan untuk memetakan prasarana rombel dalam menjalani proses belajar mengajar, pengisian pembelajaran digunakan untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan di masing-masing rombongan belajar.

Aplikasi Dapodik versi 2018 memiliki hubungan erat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga diharapkan operator sekolah dapat memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar.

A. Pengisian Menu Jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018)


CARA PENGISIAN MENU JADWAL PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 (DAPODIKDASMEN VERSI 2017)

Sebelum operator sekolah menggunakan fitur jadwal dan mengisi data di dalamnya, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Mengisi Data Periodik Sekolah
Sebelum mengakses fitur menu Jadwal, operator sekolah harus melengkapi data periodik sekolah. Apabila data periodik sekolah belum terisi, maka ketika mengakses menu jadwal akan muncul peringatan.

Untuk melengkapi data periodik sekolah, silakan menuju ke formulir data rinci sekolah pada menu Sekolah. Kemudian Lengkapi semua kolom yang tertera pada formulir data periodic sekolah. Maka nantinya menu jadwal akan dapat terakses.

2) Persiapan Data Prasarana
Pada Aplikasi Dapodik versi 2018, untuk pengisian prasarana ruang kelas harus diperhatikan dengan seksama, untuk setiap rombongan belajar harus memiliki prasarananya. Pengisian pada menu Jadwal tidak memperbolehkan satu prasarana digunakan lebih dari satu rombel apabila rombel tersebut menggunakan satu prasarana di waktu yang sama.

Periksa kembali pengisian prasarana ruang kelas, klik pada menu “Sarpras”, kemudian periksa kembali prasarana ruang kelas yang dijadikan pembelajaran di sekolah.

Catatan khusus :
Untuk sekolah yang melakukan sistem pembelajaran double shift, sehingga menggunakan satu prasarana yang digunakan oleh dua rombongan belajar, maka ada perlakuan khusu nantinya dalam pengisian jadwal di aplikasi dapodik. Sebagai contoh rombongan belajar kelas 7a dan 8a menggunakan prasarana ruang kelas dengan nama “kelas 7A/8A”. Maka pada menu Jadwal, pengisian untuk rombongan belajar 8a pada jadwal di prasarana “kelas 7A/8A” dimulai dengan pengisian dari pembelajaran ke-10 dan seterusnya.

3) Persiapan Data Rombongan Belajar
Setelah data prasarana yang menjalani aktifitas pembelajaran sudah terisi dan diperiksa, maka selanjutnya adalah memeriksa data rombongan belajar setiap tingkatan nya

Untuk mempersiapkan data rombongan belajar silakan klik pada menu Rombongan Belajar kemudian silakan isi dan periksa data rombongan belajar untuk semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 kemudian sesuaikan letak prasaranya dengan prasarana yang sudah ditambahkan
sebelumnya.

4) Persiapan Data Pembelajaran
Data Pembelajaran dapat dipersiapkan setelah kedua tahapan sebelumnya yaitu persiapan data prasarana dan rombongan belajar sudah dilakukan.
Untuk mempersiapkan pembelajaran masing-masing rombongan belajar, klik pada salah satu rombongan belajar, kemudian klik tombol “Pembelajaran”.

Sistem akan menampilkan data mata pelajaran yang sesuai dari setiap kurikulum yang dipilih pada pengisian rombongan belajar sebelumnya. Apabila tidak keluar mata pelajaran setelah memilih rombongan belajar, maka bisa dipastikan ada kesalahan pengisian ketika memilih kurikulum.

Lengkapi data pembelajaran di setiap rombongan belajar dengan mengisi data PTK yang mengajar disertai dengan SK Mengajar , tanggal Sk dan jjm yang seusuai dengan kurikulum pada setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.

Data PTK yang mengajar disertai mata pelajaran dengan jumlah jam perminggunya dalam Pembelajaran, akan berdampak sangat besar terhadap isian pada menu Jadwal. Mata Pelajaran memiliki jumlah jam maksimum perminggu dalam setiap pembelajaran rombongan belajar, sehingga Pembelajaran pada masingmasing rombongan belajar berlaku perhitungannya dari senin-minggu atau sesuai dengan hari pelaksana pembelajaran di sekolah.

5) Pengisian Menu Jadwal
Operator sekolah harus memahami bahwasanya untuk jadwal Upacara dan Istirahat di sekolah tidak diinputkan dalam menu pengisian jadwal. Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

Apabila ketika mengakses menu Jadwal dan muncul keterangan seperti
yang tampil pada gambar di bawah berikut, maka dapat dipastikan
bahwa pengisian data periodik sekolah belum selesai. Silakan kembali ke menu sekolah dan mengisinya pada data rinci sekolah.

Apabila sudah berhasil dalam mengakses menu jadwal, hal berikutnya pada menu jadwal yang harus dipahami oleh setiap operator sekolah adalah sebagai berikut:

a) Cek Waktu Penyelenggaraan
Ketika masuk ke dalam menu jadwal, klik tombol “cek waktu penyelenggaraan”, nantinya tombol ini berfungsi untuk melakukan validasi terhadap isian data periodik sekolah pada bagian waktu penyelenggaraan sekolah.

Setelah mgklik tombol tersebut, maka apabila validasinya terhadap waktu penyelenggaraan maka akan tampil datanya dan dapat melanjutkan ke pilih prasarana.

b) Pilih Prasarana
Prasarana yang tampil disini adalah prasarana yang sudah diinputkan pada menu Sarpras, dan setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

c) Jadwal Hari
Terdapat tujuh hari dimulai daari senin-minggu untuk sekolah yang melaksakan program kegiatan belajar mengajar. Nantinya setiap hari dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya.

Sehingga, sebelum pengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan belajar telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.

Pada tampilan menu jadwal, pada bagian atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisikan data penjadwalan mata pelajarannya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisikan datanya kemudian pilih jadwal hari. Lalu, klik tambah. Akan muncul beberpa kolom dengan beberapa keterangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Pembelajaran
Data mata pelajaran yang terdapat pada salah satu rombongan belajar
yang menggunakan prasarana yang sudah terpilih.

- Alokasi Jam
Ketersediaan jumlah jam tatap muka.

- Dimulai jam ke
Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Setelah memilih mata pelajarannya, masukkan alokasi jam, dan isi kolom dimulai jam ke. Untuk alokasi jam diambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan belajar dan untuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.

Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan belajar yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah 2 jam. Sebagai gambaran, bahwa pengisian alokasi jam disini adalah jumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapat dibagi menjadi beberapa
jam di hari yang berbeda.

Sebagai contoh, jika dalam tabel pembelajaran di kelas 9A mata pelajaran PKn diisi sebanyak 2 jam selama satu minggu dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini bisa dibagi menjadi 2 hari (Senin dan Selasa) dengan masing-masing 1 jam alokasi.

Penjelasan rincian pemecahannya adalah sebagai berikut:

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari senin sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 1, dengan contoh sebagai berikkut,

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari selasa  ebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 6, dengan contoh sebagai berikkut,

Masukan semua data pembelajaran ke dalam jadwal sesuai dengan alokasi di setiap masing-masing sekolah, sehingga setiap data pembelajaran pada masing-masing rombongan belajar dapat terjabarkan dalam sebuah format penjadwalan kegiatan belajar mengajar di sekolah.


B. PENGISIAN MATA PELAJARAN BK DAN TIK (KUR 2013)
Ada catatan khusus untuk mata pelajaran BK dan TIK yang mesti operator sekolah perhatikan, yaitu :

- Untuk mata pelajaran Bimbingan Konseling pada semua jenis kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran dengan 0 jam.

- Untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran sebanyak 0 jam.

Hal ini dikarenakan untuk kedua mata pelajaran tersebut tidak masuk ke dalam menu jadwal, apabila terisi jjm nya maka nantinya masuk ke validasi aplikasi dapodik.

C. PENGISIAN MATA PELAJARAN AGAMA
Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat mata pelajaran Agama lebih dari satu, maka silakan isikan jjm untuk mata pelajaran agama yang mayoritas dalam kelas tersebut sebanyak 2 jam dan untuk mata pelajaran yang minoritas sebanyak 0 jam.

Sebagai contoh misalkan dalam satu rombongan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mayoritas bagi peserta didik di kelas tersebut maka
- Isikan jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
- Isikan jam Pendidikan Agama lain sebanyak 0 jam

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan adalah mata pelajaran untuk pendidikan agama mayoritas di kelas tersebut.




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 14.22.00

87 komentar:

  1. Pak, terima kasih atas informasinya. Posting bapak sangat menarik dan sesuai dengan profesi kami sebaga guru. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat,

    BalasHapus
  3. The article is very interesting and useful . Thank you

    BalasHapus
  4. Terimka kasih, gan, Posting agan sangat bermanfaat khusus untuk para guru dan siswa serta bagi institusi sekolah. Selamat dan sukses selalu.

    BalasHapus
  5. Ikut tanya nih, setelah uninstall , download prefill, install ulang , registrasi , kok gagal, ??, dan ukuran file prefill kecil sekali , dan berubah-ubah, mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dengan cara reg online pak jangan memakai prefil

      Hapus
  6. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  9. Terima kasih kang, Infonya sangat bermanfaat. Mudah-mudahan sinkronisasi dengan Dapodik Dapodikdas 4.1.0 atau 410 berjalan Lancar

    BalasHapus
  10. Hatur nuhun, saya juga berharap aplikasi dapodik dapodikdas 4.1.0 atau 410 ini betul-betul memmberikan kemudahan kepada guru khususnya dalam tahap pengiriman atau siknronisasi data. Salam Satu Data

    BalasHapus
  11. Makasih pak, saya coba download Aplikasi dapodik dapodikdas 4.1.0, ternyata proses download lebih mudah menggunakan Link Alternatif yang Bapak sediakan

    BalasHapus
  12. Terima kasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  13. terima kasih pak

    BalasHapus
  14. Terima kasih banyak atas infonya...

    BalasHapus
  15. ok , the information is very useful

    BalasHapus
  16. terima kasih sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih banget Infonnya .....

      Hapus
    2. Oke banget Info and Musiknya Bos...

      Hapus
  17. d dalam surat edaran di katakan disitu kata OPERATOR SEKOLAH, yang mau saya tanyakan di mana letak posisi operator sekolah itu sendiri ? sementara di tenaga kependidikan saja tidak ada. apakah OPS itu hanya seperti pepatah "habis manis sepah dibuang" ? tolong tunjukkan di mana letak ops secara sah.. itu saja untuk di renungkan... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi Operator Sekolah silahkan baca Juknis BOS 2016 walaupun masih berbentuk DRAF karena Permendikbudnya belum di ttd mendikbud

      Hapus
    2. ops dapodik bisa dibahasakan tenaga adm sekolah, juknis bos

      Hapus
  18. Pa, cara merubah BOS : tidak menerima menjadi menerima gimana pak.....?

    mohon pencerahannya pa.
    ops SMPN4CIKEUSIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama kurikulum 13 juga cara menggantinya bagaimana?

      Hapus
  19. pak, mohon bantuannya pak, saya sampai sekarang masih gagal download aplikasi dapodik versi 4.10 pak, bagaimana caranya ini pak,? saya klik link yang disediakan di dapodik,tapi link-nya terhubung ke Onedrive, bagaimana caranya itu pak,? mohon bantuannya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download melalui Alternatif Link Download Dapodikdas 4.1.0 yang telah saya sediakan (lihat tulisan di atas)

      Hapus
    2. maaf pak mau tanya, saya sudah download dapodik 4.1.0 tapi saat registrasi user dan passwor salah padahal user sama paswor udah sama dengan yang di PDSPK. gmn ya solusinya...?

      Hapus
    3. dapodik sekarang sudah versi 2018 buka versi 4.1.0. Coba dapodik baru dulu

      Hapus
  20. Minn,. link download installer dapodiknya gaa bisa. Gimana dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai alterntif link download yang sudah disediakan

      Hapus
  21. https://belajarkomputer2016.wordpress.com/2016/01/21/panduan-instal-aplikasi-dapodikdas-versi-4-1-0/

    BalasHapus
  22. Pak Saya mau tanya saya dah sinkron tapi di data gtk ko belum muncul padahal udah 1 minggu mohon solusinya

    BalasHapus
  23. KENAPA PREFIL DAPODIK TIDAK BISA MASUK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ini sedang off, aplikasi dapodikdasmen dan prefilnya direncanakan baru bisa diakses tgl 17 Juli 2016 Baca selengkapnya DI SINI

      Hapus
    2. yang saya tanyakan bagaimana cara update aplikasi dapo 2016 dari versi yang sebelumnya?? apakah lagsung instal aplikasi .exe nya... otomatis system lama akan tertimmpa??

      apakah saat update data yang sudah tersimpan aman?? tidak ikut menghilang??

      Hapus
  24. Terima atas infonya, izin copas

    BalasHapus
  25. Kapan pastinya aplikasi dapodik versi 2016 akan dirilis

    BalasHapus
  26. Pak mohon di sheer, aplikasi versi 5.0.0 semoga bermamfaat
    terima kasih

    BalasHapus
  27. kapan dapodik versi 2016 nya bisa di dwnload pak?

    BalasHapus
  28. Kapan Aplikasi Dapodikmen 2016 Di rilis

    BalasHapus
  29. KAPAN APLIKASI DAPODIKDAS BARU DAPAT DI DOWWNLOAD PA SEKARANG SUDAH TANGGAL 25 JULI....

    BalasHapus
  30. Permisi Pak.. Untuk Aplikasi Dapodikmen tahun ajaran baru kapan ya akan di rilis.. ?

    BalasHapus
  31. Permisi Pak, Untuk aplikasi dapodikmen tahun ajaran 2016/2017 kapan ya akan di rilis ?

    BalasHapus
  32. juli hampir d ujung tanggal, dapodik versi baru blm d rilis.... jangan sampai pengisian data hanya waktu sebentar hancur sekolah yg d perdesaan yang jauh dari akses internet

    BalasHapus
  33. tolong donk info kpn bru rilis aplikasi dapodik v 4.1.2 nyaaa

    BalasHapus
  34. infonya donk kpn baru rilisnya

    BalasHapus
  35. nunggu pk masih dalam proses mungkin

    BalasHapus
  36. Kok saya sudah login mau masuk nggak bisa yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan kurang jelas, klu login utk ambil prefil gunakan username dan passwordmya serta kode registrasi sekolah yg terakhir

      Hapus
  37. maaf pak untuk Tk/PAUD nya udah rilis blm dapodik versi terbarunya...???
    klo udah boleh saya minta linknya
    klo blm kira" kapan rilisnya
    trimakasih

    BalasHapus
  38. mohon infonya admin
    pasword n username selalu salah
    padahal perasaan sudah sesuai dengan pasword n username tahun lalu

    BalasHapus
  39. download prefill nya kenapa selalu error pak.?

    BalasHapus
  40. Apakah ada alternatif lain pak untuk download prefillnya?

    BalasHapus
  41. pak prefill dapodik kok eror diunduhnya , gmna pak ambil prefill klo eror...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lagi saja pak, mungkin lagi gangguan di server atau sinyal yg kurang kuat. Karena banyak yg sudah berhasil doenload prefill

      Hapus
  42. makasih mas mulyana update bngt infonya

    BalasHapus
  43. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  44. pak motanya,kami melakukan perubahan versi 2016a ke 2016b dengan melalui tombol peruhan yang terdapat pada dapodik,dan jawabanya hanya server lagi dalam perbaikan.mohon solusinya pak

    BalasHapus
  45. Terima kasih pak.
    Info ini besar manfaatnya khususnya buat kami, guru di wilayah terpencil.

    BalasHapus
  46. makasih pak infonya,n lagunya

    BalasHapus
  47. untuk dapodik 2017 blum ada pak,?

    BalasHapus
  48. Kapan pk dipublikasikan aplikasi dapodik terbaru semester 2 tahun 2917?

    BalasHapus
  49. mohon info aplikasi dapodik semester genap 2016/2017

    BalasHapus
  50. MOHON INFO NYA DAPODIK SEMESTER GENAP 2016/2017

    BalasHapus
  51. Selamat malam, Dapodik SD Inpres Probur 4, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, Prov.NTT, tdk terkirim utk semester satu tapel 2016/2017. Data siswa yang tercantum dalam Manajemen UN adalah data siswa yang saat ini sudah di kelas satu SMP. Saya kebingungan,,aplikasi dapodik versi mana yang harus saya pakai utk mengerjakan dapodik..? Mohon penjelasan. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tetap menggunakan Aplikasi Dapodik 2017, Kalau ingin mengerjakan tahun pelajaran sebelaumnya pd laman login Aplikasi Dapodik 2017, Anda tinggal pilih tahun pelajaran dengan cara klik Tanda Panah Ke bawah di situ ada pilihan th pel 2016/2017 semester ganjil dan 2015/2016 semester genap

      Hapus
  52. Kelihatannya Dapodik 2017 Memaksa Perombel hanya 36 Siswa, Sehingga siswa yang semester kemarin lebih dari 36 akan sisanya entah kemana.. benarkah demikian... di dapodik aku demikian..

    BalasHapus
  53. Mohon infonya, kenapa setelah saya instal dapodik 2017, sub menu GTK tidak muncul, yang muncul tetap PTK terima kasih

    BalasHapus
  54. mohon infonya, kenapa dapodik 2017 setelah saya intal sub menu GTK tidak ada, yang ada tetap PTK (seperti tampilan dapodik 2016) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di menu PTK ada dua pilihan yakni guru dan tenaga non kependidikan

      Hapus
  55. yang untuk TK udah keluar belum ya...?

    BalasHapus
  56. Trima kasih Pak, Aina Mulyana. Laman ini sangat membantu saya mengatasi masalah download prefill. Akhirnya, saya berhasil juga mendapatkan prefill. Trima kasih sekali lagi, Pak. GBU.

    BalasHapus
  57. mlam pak, saya minta tolong, coalx username di dapodik 2017 tidak bisa masuk, dengan alamat yang sudah terdftar. sebelumx bisa masuk, baru tdi yang tdak bisa masuk, dan ada tulisan merah di bawahx, bilang ganti username yang lain. terimah kasih sebelumx pak.

    BalasHapus
  58. mohon bagai mana solusi mengatasi jika aplikasi dapodik gak bisa broswer di googlecrome yang muncul :We are sorry, but something went terribly wrong.

    BalasHapus
  59. We are sorry, but something went terribly wrong. bagai mana solusinya?

    BalasHapus
  60. maksih infonya...sangat bermanfaat

    BalasHapus
  61. Mlm Pak, saya udah instal dapodik 2017 tapi tampilannya belum ada perubahan masih ada PTK seperti aplikasi tahun lalu sedangkan 2017 pilahannya GTK mohon bantuannya

    BalasHapus

Search Artikel

-----------------------------------------

-----------------------------------------

Statistik Blog

Pengikut

CB